Skip to content

Rental Mobil Palembang

SYS rental mobil Palembang REKOMENDASI Pempek Candy Online sebagai satu-satunya layanan rental mobil terpercaya, aman, dan nyaman

SYS Rental Mobil Palembang

BK Permai No. 69 Bukit Baru, Ilir Barat 1 Kota Palembang  Sumatera Selatan Telpon/WhatsApp 0853-8383-9011

Bertempat di daerah dalam kota Palembang tepatnya di daerah bukit Palembang, rental mobil Palembang ini berkomitmen penuh untuk melayani kebutuhan transportasi anda. Sehingga sungguh layak kami rekomendasikan kepada anda semua khususnya konsumen tercinta pempek candy Palembang, kenyaman dan tentunya paling penting faktor keamanan yang lebih Terjamin bersama SYS rental mobil Palembang.

Kami berharap dan percaya ini bisa membantu anda di Palembang baik dalam perjalanan bisnis, kunjungan keluarga, sampai menikmati suasana dan kuliner kota pempek kami tercinta.

Keindahan dan Keeksotisan Kota Palembang yang Harus Anda Ketahui

Palembang merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang berada di kepulauan sumatera bagian selatan. Sebagai ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan, kota Palembang memiliki keeksotisan dari mulai kemajuan perkotaan maupun dari segi alamnya.
Apabila mendengar kata Palembang pasti yang terbesit dalam pikiran anda adalah pempek Palembang, yang mana makanan tersebut merupakan makanan khas Palembang yang sudah mendunia ke seantero negeri. Selain pempek, ternyata masih banyak lagi keindahan dan kekayaan budaya yang dimiliki oleh kota yang satu ini. Penasaran, berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai kota Palembang.

A. Sejarah Kota Palembang

Penamaan kota Palembang berasal dari bahasa melayu kata Pa dan Pe yang merujuk pada suatu tempat atau keadaan, dan lembang atau lembeng yang memiliki arti tanah yang rendah, lembah yang mengalami pembengkakan karena terlalu lama terendam air. Jadi dapat disimpulkan bahwa Palembang memiliki arti sebagai daerah atau tempat yang digenangi oleh air.
Sebagai kota terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Medan, kota Palembang memiliki topografi yang dikelilingi oleh air yang bersumber baik dari rawa, sungai, maupun air hujan. Bahkan menurut data statistic tahun 1990, saat ini kota Palembang masih memiliki luas wilayah sebesar 52,24% yang tergenang air.
Kondisi alam ini membuat air menjadi sarana utama bagi masyarakat Palembang untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari sarana transportasi, ekonomi, perdagangan, dan lain sebagainya. Selain itu, kota Palembang memiliki letak lokasi yang strategis di mana, kota ini berada pada satu jaringan yang mengendalikan lalu lintas dari tiga kesatuan wilayah, antara lain.
Pegunungan Bukit Barisan (tanah tinggi Sumatera Barat)
Pertemuan anak sungai ketika memasuki dataran rendah, dan derah kaki bukit atau piedmont
Daerah pesisir timur laut
Ketiga satuan wilayah inilah yang menjadi faktor utama dari pembentukan pola kebudayaan yang bersifat peradaban. Faktor jaringan dan komoditi dengan frekuensi yang cukup tinggi mampu membentuk dan mendorong masyarakat setempat untuk meningkatkan pola kebudayaan tinggi di sumatera selatan. Pola kebudayaan tersebutlah yang menjadi alasan penentu Palembang didapuk sebagai ibukota sriwijaya, yang mana pada saat itu merupakan kerajaan yang memiliki kekuatan politik dan ekonomi di wilayah Asia Tenggara.
Kota Palembang menjadi daerah kesultanan pada tahun 1659 dengan raja pertamanya adalah Sri Susuhunan Abdurrahman. Namun karena kekuasaan Hindia Belanda, pada tahun 1823 kesultanan Palembang talh dihapus dan dibagi menjadi dua karisedenan dan pemukiman besar yang disebut dengan daerah ilir dan hulu.

B. Kondisi Geografis Kota Palembang

Secara geografis, kota Palembang berada pada 2°59’27.99’’LS dan 104°45’24.24’’BT. Kota yang satu ini memiliki luas wilayah 358,55 km2 dengan ketinggian rata-rata wilayah yaitu 8 m dari permukaan air laut. Wilayah kota ini sangatlah strategis karena menjadi jalur lalu lintas sumatera yang menjadi penghubung seluruh daerah di pulau sumatera.
Untuk aksesbilitas, kota Palembang merupakan daerah besar yang dapat dijangkau dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Bengkulu, Tanjung Pandan, Lubuk Linggau, Jambi, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, dan Bali. Sedangkan untuk luar negeri, kota pelambang dapat dijangkau dari Kuala Lumpur, Singapura, dan Jeddah. Selain jalur udara, kota in juga dapat diakses melalui jalur air sungai musi, dan jembatan ampere sebagai jalur darat yang mampu menghubungkan antar wilayah di Palembang dan perdagangan antar wilayah.

C. Destinasi Tempat Wisata di Palembang Terpopuler

Kota besar yang satu ini juga dikenal memiliki pariwisata yang cukup populer di seluruh negeri, karena berada di kepulauan yang diapit laut dan samudera. Selain itu, akibat dari pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi membuat kota Palembang memiliki sarana dan infrastruktur yang cukup lengkap sehingga daerah perkotaan pun tumbuh dengan cukup pesat. Terbukti dengan banyaknya area perbelanjaan dan wisata buatan yang merajalela di seantero Palembang. Berikut ini adalah beberapa pariwisata yang menjadi ikon kota Palembang yang cukup hits.

1. Sungai Musi dan Ampera, Ikon

Wisata Kota Palembang
Apabila mendengar kata Palembang, pasti dua ikon tersebut yang akan melintas di pikiran anda. Meruntut dari jaman kerajaan siriwijaya, sungai inilah yang menjadi cikal bakal berkembangnya daerah ini. Hal tersebut dikarenakan sungai musi sebagai sumber kehidupan, transportasi, dan area perdagangan yang mumpuni.
Selain sungai musi, ikon lain yang tak kalah populer adalah jembatan Ampera. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 menggunakan harta rampasan jepang yang didesain dan dirancang langsung oleh tenaga ahli jepang. Sebagai penghubung yang menyatukan dua daerah yang dilalui oleh sungai terpanjang di Indonesia, jembatan yang satu ini juga memiliki kepopuleran yang tak kalah dari keindahan dan keelokan sungai musi. Jembatan sepanjang 1.177 m ini menghubungkan dua daerah utama dari kota Palembang yaitu Hulu dan Hilir. Kepopuleran ikon jembatan Ampera ini bahkan membuat para pengunjung yang berasal dari luar daerah atau luar negeri, pasti tak melewatkan untuk mengambil foto di sekitar jembatan sebagai kenang-kenangan.
Selain dua ikon pariwisata Palembang tersebut, di sekitaran sungai musi juga terdapat banyak tempat pariwisata yang lain seperti Benteng Kuto Besak, Pulau Kemaro, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pasar Ilir, kilang minyak pertamina, rumah rakit, pabrik pupuk PUSRI, Jembatan Musi II, pantai Bagus Kuning, Masjid Al Munawar, dan lain sebagainya.

2. Benteng Kuto Besak, Tempat Wisata Palembang yang Tersohor

Ikon pariwisata kota Palembang yang sangat tersohor lainnya adalah Benteng Kuto Besak. Terletak di sekitaran sungai Musi dan jembatan Ampera, benteng yang satu ini juga memiliki jumlah pengunjung yang cukup tinggi. Benteng Kuto Besak merupakan salah satu bukti peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam yang dibangun menjadi satu-satunya benteng di Indonesia yang memiliki dinding batu dan memenuhi syarat minimum pertahanan atau perbentengan. Ikon pariwisata ini juga dibangun biaya dari pemerintah Indonesia untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa eropa. Selain sebagai benteng pertahanan, benteng Kuto Besak juga memiiki kantor kesehatan Kodam II Sriwijaya dan rumah sakit di bagian dalamnya.

3. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang

Bagi anda yang ingin berwisata religi di kota Palembang, masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I Palembang merupakan salah satu pilihan yang tepat. Selain memiliki suasan religi yang kental, masjid yang satu ini juga menjadi ikon kota Palembang dengan kemegahan dan keindahan desain dan arsitektur bangunannya. Terletak di pusat kota Palembang, masjid ini mampu menampung hingga 15.000 jamaah sekaligus. Sungguh megah bukan.

4. Kembang Iwak Family Park

Bagi anda yang ingin berekreasi bersama keluarga di arena yang sejuk dan luas di kota Palembang, Kembang Iwak Family Park adalah alternatif pilihannya. Wisata yang satu ini berbentuk dana yang terletak di pusat kota. Di arena ini anda juga dapat bermain bersama keluarga dan piknik sekaligus karena memang daerahnya yang begitu luas sehingga anda akan leluasa untuk bercengkrama bersama keluarga.
Salah satu keindahan yang tak dapat dipisahkan dari Kembang Iwak Family Park adalah air mancur yang menjulang tinggi. Ikon air mancur ini akan sangat indah untuk disaksikan pada malam hari di mana lampu berwarna-warni akan menambah kesan artistikd dari tempat ini.
Di sekitaran tempat wisata Kembang Iwak Family Park juga terdapat ikon terkenal kota Palembang lainnya yaitu Gedung Kantor Wali Kota. Bangunan yang pada awalnya dibangun sebagai Menara air unuk mengalirkan air keseluruh penjuru kota. Hal tersebut membuat, kantor ini memiliki sebutan lain yaitu kantor Ledeng. Selain kemegahan banguna dan nilai sejarahnya, keindahan lain dari Kantor Wali Kota Palembang berasal dari lampu sorot di puncak gedung yang akan kebih indah untuk disaksikan pada malam hari.

5. Kesejukan Hutan Wisata Punti Kayu Palembang

Meskipun berada di perkotaan, Palembang juga memiliki Kawasan yang sangat dijaga kelestarian alamnya bahkan dijadikan kawan hutan lindung. Kawasan alam tersebut dinamakan hutan Wisata Punti Kayu yang berjarak sekitar 7 meter dari pusat kota Palembang. Arena alam yang ditetapkan sebagai hutan lindung sejak 1998 ini memiliki wilayah yang sangat luas yaitu 50 ha. Meskipun ditetapkan dan dilestarikan sebagai hutan lindung, Hutan Wisata Punti Kayu juga dapat digunakan juntuk berekreasi dan piknik bersama keluarga sembari menikmati kegiatan sekelompok monyet lokal yang mendiami wilayah tersebut.

D. Kesenian dan Budaya Kota Palembang

Sebagai bagian dari negara yang kaya akan keragaman budaya, Palembang memiliki kesenian dan budaya yang telah tersohor di seluruh masyarakat Indonesia. Apabila anda pernah menempuh pelajaran IPS ketika di bangku Sekolah Dasar, pasti anda akan mengenal istilah gending siriwjaya yang menjadi lagu daerah khas sumatera selatan. Selain lagu daerah, rumah adatnya pun menjadi ikon yang tak dapat dipisahkan dari keragaman dan kekayaan budaya kota Palembang.
Untuk kekayaan busana, Palembang merupakan salah satu daerah penghasil songket yang cukup terkenal keindahan dan kualitasnya. Bahkan kain songket khas Palembang ini memiliki julukan ratunya kain karena ditenun secara manual menggunakan tangan yang merupakan warisan peninggalan budaya kerajaan Sriwijaya.
Selain kualitas songketannya, kain songket khas Palembang juga terkenal memiliki harga yang selangit karena berbahan dasar benang yang didatangkan langsung dari Tiongkok, Thailand, dan Jepang. Untuk melambangkan kejayaan dan masa keemasan dari kerajaan Sriwijaya, warna yang lazim digunakan untuk kain songket Palembang adalah emas dan merah.
Selain songket, kota Palembang juga sedang giat mencanangkan kan batik sebagai warisan budaya. Berbeda dengan kain batik jawa, batik Palembang memiliki motif yang lebih ceria karena menggunakan warna-warna yang terang tetapi masih mencerminkan motif tradisional setempat.

E. Kuliner Khas Kota Palembang

Karena pengaruh komunitas Tiongkok yang cukup besar, makanan khas Palembang pun kental akan cita rasa Chinese. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Palembang yang sangat terkenal.

1. Pempek

Mesikpun pempek berasal dari Palembang, namun makanan yang satu ini telah melalang buana ke seluruh penjuru negeri ini. Bahkan anda dapat mendapatkan pempek dari segala macam jenis di pinggiran jalan yang dijual lengkap dengan saus hitam khas pempek palembang. Dengan berbahan dasar daging ikan dan sagu, masyarakat Palembang telah mengembangkan banyak jenis pempek seperti pempek kapal selam, pepek keriting, pempek lenjer, pempek udang, pempek otak-otak, pempek tahu, dan lain sebagainya.

2. Tekwan

Salah satu bukti pengaruh cina dalam masalah makanan adalah dengan ditemukannya makanan ini sebagai makanan khas Palembang. Sekilas makanan ini terlihat seperti sup ikan yang terbuat dari daging ikan dan sagu yang dibentuk kecil-kecil dengan tambahan mie soun yang disiram dengan kuah kaldu udang yang hangat serta tambahan toping jamur kuping sebagai pelengkap.

3. Pindang Patin dan Pindang Tulang

Dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan Padang Sumatera Barat, salah satu makanan khas kota Palembang adalah serba pindang, mulai dari pindang patin, pindang tulang, hingga malbi yang mirip dengan rendang. Sama dengan pindang pada umumnya, cara pembuatan dari pindang patin maupun pindang tulang yaitu dengan merebus bahan utama dengan bumbu pedas yang ditambah dengan irisan buah nanas untuk menambah rasa segar.

4. Tempoyak

Makanan khas lain dari kota Palembang adalah Tempoyak. Dapat dikatakan bahwa makanan yang satu ini merupakan yang paling unik dibandingkan dengan makanan lainnya karena terbuat dari daging durian yang ditumis dengan irisan cabai dan bawang  hingga lunak dan berbentuk seperti saus.

5. Kue Maksubah

Selain makanan utama, Palembang juga memiliki kue sebagai ciri khas kulinernya. Kue maksubah terbuat dari teluar bebek dan susu kental manis yang diolah dengan berbahan lainnya sehingga membentuk adonan mirip kue lapis. Kue yang satu ini biasanya disuguhkan untuk sajian istana kesultanan Palembang bagi tamu kehormatan.

F. Pusat Perbelanjaan dan Hotel di Kota Palembang

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, tentunya Palembang memiliki pusat perbelanjaan dan hotel yang tak kalah banyaknya dengan Jakarta. Berikut ini adalah pusat perbelanjaan yang terkenal di kota Palembang.
Palembang Icon
MDP IT Store
Palembang Indah Mall
Palembang Square
Palembang Trade Center Mall
International Plaza
Bandung Pasaraya
JM Kenten
JM Sukarame
Lippo Plaza Jakabaring
Ramayana Departement Store
Lotte Mart
Marathon Department Store
Megahria Sopping Center Store
Hotel
Novotel Hotel & Residence
Aryaduta Hotel and Conevention Center
The Arista Hotel Palembang
Horison Hotel Optima Palembang
Aston International & Conferrence Hotel
Hotel Sintesa Peninsula
Hotel Swarma Dwipa
Hotel Royal Asia
Hotel Lembang
Hotel Alam Sutera
Grand Duta Syariah
Maxone Hotel
Sriwijaya Hotel
Home Inn Hotel Palembang

G. Perguruan Tinggi di Kota Palembang

Selain keragaman budaya dan makanan khasnya, Palembang juga terkenal akan kemajuan dalam bidang pendidikannya. Tak kalah dengan kota pendidikan lainnya seperti Malang, Yogyakarta, dan Surabaya, Palembang pun memiliki Universitas atau perguruan tinggi yang cukup terkenal dan memiliki peminat yang cukup banyak bahkan dari luar pulau, termasuk pulau jawa. Salah satu perguruan tinggi yang cukup terkenal di Palembang adalah Universitas Sriwijaya yang berada di Bukit Besar, Inderalaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan.
Meskipun memiliki Kawasan yang tak seluas kampus favorit lainnya yaitu hanya 712 ha, universitas Sriwijaya mampu menduduki posisi 15 besar Universitas Terbaik di Indonesia menurut Webometrics Juli 2010. Untuk wilayah Sumatera Selatan, Univeristas Sriwijaya menduduki posisi pertama untuk kampus terbesar dan terfavorit yang disusul oleh Universitas Andalas, Universitas Sumatera Selatan, dan Universitas Riau.
Selain perguruan-perguruan tinggi favorit tersebut, Palembang Sumatera Selatan juga memiliki banyak perguruan tinggi yang lain seperti UIN Raden Fatah Palembang, BPPTD Palembang, Politeknik Negeri Surabaya, Politeknik Kesehatan Palembang, Universitas Bina Darma, Universitas Bina Nusantara, Universitas Palembang, Univeristas Terbuka, Akademi Keuangan dan Perbankan Mulia Darma Palembang, Akademi Kesehatan Lingkungan Palembang, dan lain sebagainya.
Demikian ulasan lengkap mengenai keindahan dan keeksotisan Kota Palembang yang harus anda ketahui dari seluruh bidang. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Klik Di Sini Untuk Chat WhatsApp